Bicara dengan Jokowi, Xi Jinping Tawarkan Pembangunan Pusat Produksi Vaksin di Indonesia

Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping bertemu di Balai Agung Rakyat, Beijing. Foto: Kenzaburo Fukuhara/Reuters

Pada Selasa (20/4), Presiden RRT Xi Jinping berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo melalui sambungan telepon. Dilansir dari CNN Indonesia, pembicaraan tersebut diadakan untuk menguatkan kerja sama Indonesia-Tiongkok di dua isu, yaitu vaksinasi COVID-19 dan ekonomi.

Menariknya, fokus utama yang dibahas di dalam pertemuan ini adalah kerja sama dalam upaya vaksinasi COVID-19.

Di dalam pertemuan tersebut, Xi Jinping menyatakan bahwa Tiongkok siap membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin COVID-19 di kawasan.

Hal tersebut didukung oleh pernyataan Presiden Tiongkok tersebut yang menekankan bahwa Tiongkok dan Indonesia sama-sama mementingkan nyawa dan kesehatan masyarakat serta menolak nasionalisme vaksin. Dia juga mencatat bahwa kerja sama vaksin antara Tiongkok dan Indonesia berada di garis depan dunia.

Selain Vaksin, kedua pihak juga berdiskusi mengenai perekonomian kawasan, dari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga pembentukan koridor ekonomi komprehensif regional.

Perkembangan Vaksin Tiongkok di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat terbantu oleh kerja sama vaksin COVID-19 dengan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal tersebut terlihat dari jumlah dosis yang telah diterima, yaitu 59,5 juta bahan baku vaksin Sinovac. Pada akhir pekan lalu, Indonesia telah menerima 6 juta bahan baku vaksin Sinovac.

Dilansir dari CNN Indonesia, pada akhir tahun 2021 nanti, Indonesia diharapkan telah menerima 140 juta bahan baku vaksin Sinovac.

Bahan baku vaksin tersebut nantinya akan diproduksi dan diolah menjadi dosis vaksin oleh pabrik Bio Farma. Diharapkan dalam satu bulan ke depan Indonesia bisa menerima sekitar 20 juta dosis vaksin dari hasil pengolahan bahan baku vaksin tersebut.

Hingga kini ada sekitar 22 juta dosis dari 46 juta yang masuk sudah didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Atas bantuan vaksin tersebut, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Tiongkok karena telah membantu perjuangan Indonesia melawan COVID-19 secara signifikan.

Jokowi turut menyampaikan harapannya akan perkuatan kerja sama Indonesia dan Tiongkok dalam memproduksi vaksin COVID-19. Pada akhirnya, kerja sama produksi vaksin ini menjadi momen penting dalam kerja sama, dan dapat dipastikan akan semakin mempererat hubungan antara kedua negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.