Komunitas Gamer Reddit Permainkan Pasar Modal, Saham Gamestop Meroket!

Ilustrasi cuci gudang di toko GameStop. Foto: Oxiq/Wikimedia

Pasar saham Amerika Serikat baru-baru ini mengalami kekacauan besar. Saham perusahaan ritel GameStop yang diprediksi akan mengalami penurunan harga dan menjadi target investor besar melakukan short selling atau aksi jual kosong mendadak mengalami peningkatan harga mencapai 300 persen. Hal tersebut tentu menciptakan kerugian besar pada investor besar yang kini harus menerima kerugian besar-besaran.

Perlu diketahui bahwa metode short selling adalah metode permainan saham meliputi peminjaman saham dalam jangka pendek oleh investor dengan harapan harga saham tersebut jatuh secara signifikan sehingga mereka mendapat untung. Metode ini diterapkan pada saham yang dinilai menurun dan GameStop adalah salah satu perusahaan yang sedang mengalami penurunan dikarenakan regresi pasar video game berbasis luring di AS. Semenjak munculnya toko daring seperti Playstation Store dan Microsoft Store, GameStop tidak lagi menjadi tempat jual-beli game primer dan hal tersebut kian membuat model bisnisnya terpuruk. 

Para investor besar biasanya berinvestasi dalam sebuah grup investasi yang dinamai hedge fund dan salah satu hedge fund yang terlibat pada peristiwa ini adalah Melvin Capitals. Hedge fund sendiri menurut Gerald T. Lins dan kolega merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perusahaan yang memfokuskan pergerakan mereka dalam aset yang mudah dilikuidasi dan beresiko tinggi, di mana mereka membantu orang melakukan manajemen resiko tersebut. Melvin Capitals yang mengalami kerugian hingga US$ 2 miliar merupakan salah satu hedge fund terbesar yang berinvestasi di GameStop. GameStop sendiri secara statistik adalah saham terlaris dalam penjualan tipe short selling. 

Hal tersebut menimbulkan sebuah inisiatif dalam sebuah subkomunitas Reddit r/wallstreetbets, yang biasanya membicarakan tentang saham, untuk melakukan investasi secara besar-besaran pada aset GameStop. Ide tersebut lahir dari user dengan alias “Delaneydi” yang menyatakan bahwa saham GameStop memiliki harga sangat rendah dan jika semua pengguna Reddit melakukan investasi secara bersamaan, maka akan menciptakan short squeeze sehingga harga saham mengalami kenaikan dan mengakibatkan kerugian bagi para hedge funds. Hal tersebut memancing setiap anggota komunitas r/wallstreetbets untuk membeli saham melalui penyedia saham Robinhood yang memberi kemudahan orang biasa berinvestasi. Hal ini juga didasari nostalgia para pengguna Reddit terhadap toko GameStop dan kebencian mereka pada investor besar.

Pengguna Reddit menyatakan bahwa kekacauan ini merupakan tanda kemenangan Reddit dan kaum proletar dikarenakan mereka berhasil mengusik metode “uang cepat” yang dijalankan para miliuner bahkan biliuner. Keberhasilan metode ini pun membuat subkomunitas r/wallstreetbets sekarang mengarahkan arus investasi kolektif mereka ke perusahaan yang merugi seperti produsen mobil listrik Nio, Blackberry yang telah ketinggalan zaman, dan AMC Cinemas yang sedang merugi sejak pandemi.

Terlepas dari kontroversi yang ada, permainan saham seperti ini nyatanya legal karena  manipulasi pasar pun terkadang sering dilakukan investor walau belum dalam jumlah yang sebesar ini. Sekarang para investor sedang menekan adanya regulasi yang mencegah manipulasi pasar seperti fenomena ini sekaligus mencari cara menghilangkan saham GameStop yang mereka miliki dengan kerugian minimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *